23 Jul 2014

Sarung Samarinda in Motion

Sarung Samarinda
Jika ada yang bertanya, "Apa yang paling khas dari Samarinda?". Maka sebagian besar akan menjawab Sarung Samarinda dan Amplang. Bagaimana pun, sarung Samarinda merupakan produk pokok unggulan warga Samarinda dan kualitas sarungnya sudah terkenal sampai ke tingkat nasional, atau bahkan internasional? Mungkin saja, kenapa tidak? Karena, saat ini sarung Samarinda sedang mengalami evolusi besar-besaran. Banyak produsen yang tidak hanya menghargainya dalam tingkat lokal. Mereka sedang memperjuangkannya ke tingkat Internasional.

Sarung Samarinda, seperti yang kita ketahui, merupakan produk asli dari Samarinda. Bahkan wilayah pengrajin kain tenun ini sudah menjadi wisata budaya sendiri, yaitu Kampung Tenun Sarung Samarinda, yang berlokasi di Samarinda Seberang. Tidak terhitung banyaknya produk yang sudah dihasilkan oleh warga. Bahkan, saya pribadi cukup berbangga hati, saat membawa sarung ini sebagai oleh-oleh saat pulang kampung ke Jawa kemarin.

Saya pernah mendengar sedikit cerita tentang sejarah Sarung Samarinda, bagaimana Sarung Samarinda ini bisa sampai ke Samarinda. Bagaimana warga Samarinda belajar menenun adalah melalui suku Bugis, mereka bertandang ke Samarinda menggunakan kapal laut. Karena pada zaman tersebut masih menggunakan tenaga angin, maka perjalanan dari Sulawesi menuju Samarinda menjadi perjalanan yang panjang. Sehingga para wanita yang merasa bosan di kapal, menenun kain untuk mengisi waktu dan menghilangkan kejenuhan.

Itu sebabnya, kebiasaan menenun itu tetap ada hingga kapal mendarat ke daratan, dan warga-warga yang sebelumnya ada tertarik untuk belajar menenun. Sehingga akhirnya kain tenunan ini sangat terkenal sebagai produk asli Samarinda. Selain itu, motif yang dibentuk oleh para penenun memang khas, diberi nama motif Belang Hatta, karena bapak Moh. Hatta yang datang serta meresmikannya.

Sampai saat ini, banyak terjadi perkembangan dalam perjalanan Sarung Samarinda mencapai yang sekarang. Baik itu perubahan warna, motif, dan bahkan kegunaan. Sarung Samarinda mengalami evolusi tersendiri untuk membuatnya menjadi lebih tepat guna. Seperti halnya sarung tersebut tidak hanya berfungsi sebagai sarung, namun sekarang kain tersebut banyak digunakan untuk dibuat menjadi baju resmi, sama halnya dengan Batik.

Kreasi Sarung Samarinda
Saya pernah bertemu dengan salah satu pengrajinnya, beliau mempunya usaha kecil tersendiri dan mampu memajukan usahanya sampai ke tingkat Internasional. Beliau bahkan mengikuti Ekspo bertaraf Internasional di Hongkong dan Singapura. Produk kain tenun yang beliau hasilkan, baik hanya sebagai sarung atau sebagai pakaian yang elegan, menjadikan beliau termasuk seorang pengrajin yang sukses di bidangnya.

Jadi, begitulah. Menjadi salah satu kebanggan tersendiri buat saya, sebagai warga Samarinda. Dan ternyata, produk sederhana khas Samarinda ini sudah mengalami pergerakan yang amat dahsyat. Tentunya, sebagai warga Samarinda yang baik, kita perlu mengetahuinya, bahkan jika mungkin membantu serta memantau perkembangannya. Jangan sampai suatu saat nanti, kerajinan ini diklaim sebagai milik negara tetangga. Haha... 

Semoga, Sarung Samarinda tetap terjaga kualitasnya hingga ke depannya nanti. I'll watch the motion, for sure. :) 

Foto-foto sarung Samarinda bisa dilijat di Galeri Foto Sarung Samarinda dan Kreasinya

1 comment:

Blogger Widgets
 

Seputar Samarinda

Peta SMR

Event